Informasi Kesehatan Tubuh - Morewap.info

Gudangnya informasi kesehatan tubuh secara alami dan gratis, mulailah cintai tubuh sehatmu dari sekarang !

Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Sariawan Secara Alami

Penyebab dan Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Sariawan Secara Alami

Sariawan Di Bibir

WapSehat - Sariawan dalam istilah medis disebut stomatitis, merupakan istilah umum yang menunjukkan peradangan dan rasa sakit pada mulut sehingga dapat membuat penderitanya terganggu saat makan, bicara, dan tidur. Sariawan dapat terjadi di bagian mana saja dalam mulut, termasuk pada pipi bagian dalam, bibir, gusi, lidah, dan langit-langit.
  Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat, Ketika seseorang mengalami sariawan berbagai makanan lezat pun terasa hambar dan tak enak karena rasa perih yang terjadi pada mulut yang disebabkan oleh sariawan. Bahkan ketika sariawan, mengkonsumsi makanan pedas atau yang memiliki rasa asam akan terasa sangat perih sekali.

 Penyebab Sariawan
Berbagai penyebab sariawan umumnya dikarenakan menyikat gigi, stress, kekurangan vitamin, alergi makanan, bahkan kejadian tidak sengaja menggigit bagian bibir atau mulut. Sariawan bisa menyerang berbagai umur dari bayi, anak-anak, dewasa sampai orang tua lanjut usia. Bahkan pada beberapa orang sariawan sering terjadi. Padahal jika bisa mencari tau penyebabnya sariawan tentu bisa dicegah.
 
1. Penyebab Sariawan Aphtous
   Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab sariawan ini, akan tetapi terdapat banyak faktor yang mungkin berkontribusi terhadap timbulnya stomatitis aphtous ini, seperti infeksi bakteri atau virus, konsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan gizi, stres,  kurang tidur, trauma pada mulut, penurunan berat badan yang mendadak, dan makanan tertentu seperti kopi, cokelat, keju, kentang, buah jeruk, dan kacang-kacangan.
Sariawan ini juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat penyakit pilek atau flu, perubahan hormonal, atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat.
2. Penyebab Sariawan Herpes
   Cold sore disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1. Tidak seperti sariawan aphtous, sariawan ini dapat menular. Infeksi awal sering terjadi sebelum dewasa dan mungkin gejalanya rancu dengan pilek atau flu karena mirip. Setelah seseorang terinfeksi, virus akan tetap berada dalam tubuh dan akan menjadi aktif ketika daya tahan tubuh drop seperti ketika stres, demam, trauma, perubahan hormonal (seperti menstruasi), dan paparan sinar matahari yang berlebihan.
Ketika luka sariawan muncul kembali, lokasinya akan cenderung sama. Selain dapat menular ke orang lain, virus ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti pada mata atau alat kelamin dengan istilah yang sama pula yaitu herpes simpleks.
3. Penyebab Sariawan Iritasi
   Iritasi pada mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:
  • Tergigitnya pipi, lidah, atau bibir
  • Pemakaian kawat gigi atau peralatan gigi lain yang tajam, dan gigi yang patah.
  • Penyakit gusi (gingivitis) atau infeksi mulut lainnya.
  • Makanan atau minuman yang panas
  • Nginang (Mengunyah tembakau)
  • Alergi terhadap hal-hal tertentu, seperti makanan atau obat-obatan.
  • Penyakit autoimun yang mempengaruhi lapisan mukosa mulut, seperti penyakit lupus, penyakit Crohn, atau penyakit Behcet .
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, antibiotik, obat yang digunakan untuk rheumatoid arthritis , atau obat epilepsi.
  • Paparan radiasi pada pengobatan kanker.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan Bahan Alami

Minyak Kelapa

Gambar Ilustrasi Minyak Kelapa

Adanya sariawan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika sedang makan, minum ataupun ketika menyikat gigi dan terasa cukup perih dan dapat menjadi pemicu munculnya bau mulut. Sehingga sariawan merupakan masalah kesehatan yang cukup mengganggu aktifitas meskipun hanya masalah kesehatan biasa. Namun, agar masalah sariawan ini bisa sembuh dengan cepat maka tentu saja harus dilakukan pengobatan dengan cara yang tepat. Walaupun sebenarnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya namun waktu yang dibutuhkan cukup lama. Pengobatan sariawan bisa menggunakan bahan alami atau dengan produk yang telah dijual diapotek.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Dibawah ini merupakan cara ampuh untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Simak uraiannya lengkapnya!
1.) Menggunakan Kelapa
Kelapa merupakan salahsatu buah yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan termasuk diantaranya dapat mengobati sariawan. Anda bisa menggunakan minyak kelapa yang dioleskan pada daerah yang terkena sariawan atau bisa juga dengan mengunyak kelapa yang sudah kering yang bisa bermanfaat untuk mengurangi terjadinya nyeri dan juga peradangan. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi air kelapa untuk mendinginkan tubuh jika sedang merasakan panas tubuh.
2.) Menggunakan Daun Basil
Biasanya daun basil digunakan dalam bumbu masakan, namun daun ini juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan salahsatu manfaat dari daun basil ini yaitu bisa menyembuhkan sariawan. Untuk mengobati sariawan dari dalam bisa menggunakan daun basil yang sudah direbus dan diambil airnya.



3.) Menggunakan Air Garam
Pada saat Anda terkena sariawan Anda bisa mengobatinya dengan cara menggunakan air garam sebagai obat kumur. Air garam yang digunakan untuk berkumur bisa menymbuhkan bakteri yang menjadi penyebab munculnya sariawan.
4.) Menggunakan Es Batu
Cara lainnya untuk meredakan sakit dan bengkak akibat sariawan bisa menggunakan es batu. Anda bisa melakukan cara seperti ini beberapa kali dalam sehari agar peradangan dapat dikurangi.
5.) Menggunakan Kunyit
Selain kunyit bermanfaat untuk kulit wajah, untuk meredakan sariawan Anda bisa menggunakan campuran kunyit dengan air hangat atau bisa juga dengan membuat kunyit menjadi bentuk pasta. Bahan campuran ini bisa mengobati sariawan pada bagian mulut Anda karena kunyit memiliki kandungan antiseptik yang bisa menmbasmi bakteri yang menjadi oenyebab sariawan.
6.) Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang tak hanya digunakan pada bahan masakan tetapi memiliki manfaat sebagai antiseptik dan memiliki kandungan antivirus dan juga bakteri. Penggunaan bawang putih bisa mempercepat terjadinya proses penyembuhan sariawan. Caranya Anda bisa mengambil irisan bawang putih dan kemudian dioles-oleskan pada daerah sariawan selama kurang lebih satu menit dan diamkan beberapa menit lalu bersihkan menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan cara ini setiap harinya.
7.) Menggunakan Minyak Pappermint
Selain bahan alami diatas minyak pappermint juga bisa digunakan pada daerah yang terkena sariawan. Caranya dengan mengoleskannya 2 kali sehari. Kemudian diamkan kurang lebih seperempat jam dan setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air bersih. Fungsi dari penggunaan minyak pappermint ini sebagai pereda rasa perih dan bisa meringankan terjadinya iritasi pada daerah sariawan.
8.) Menggunakan Vitamin
Sariawan biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan juga asam folat yang memiliki peran dalam mencegah dan menyembuhkan sariawan pada mulut Anda.
Sekian tentang Cara Mengobati Sariawan dengan menggunakan bahan tradisional alami dan cepat, ketika sariawan Anda sudah sembuh sebaiknya Anda menghindari berbagai macam penyebab sariawan seperti mengkonsumsi makanan yang panas, keripik, gorengan, makanan pedas, makanan yang mengandung MSG dan makanan lainnya yang dapat mengiritasi bagian mulut Anda.
Selain itu kebersihan mulut menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah kembalinya sariawan. Jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi vitamin C. Apabila dalam seminggu sariawan Anda tak kunjung sembuh sebaiknya Anda hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga sariawan dapat lekas sembuh.
Semoga artikel berjudul “Penyebab dan Cara Cepat dan Tepat Mengatasi Sariawan Secara Alami” ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Dan semoga masalah sariawan pada mulut, lidah atau gusi Anda bisa sembuh dengan cepat dan Anda dapat sehat kembali. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam WapSehat!

Wassalamualaikum Wr.Wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Sariawan Secara Alami"

Posting Komentar